Senin, 06 Januari 2014

Melatih Suara



Memiliki suara yang bagus tentu anda menginginkannya, namun kadang kita jadi minder saat mendengarkan rekaman suara kita. Tak sedikit orang yang becita-cita jadi penyanyi, faktanya tiada hari kita tanpa menyanyi simpel atau mendengarkan musik. Nah, dengan browsing pasti Anda akan mencari tips biar punya suara yang bagus. Berikut tips dari Saya:
1. Percaya diri
Percaya diri menjadi 'nyawa' suara yang bagus dan lantang, Anda nggak usah malu-malu bersuara dimanapun Anda berada kecuali di area dilarang berisik. Kadang yang menjadikan suara gagal karena keluaran yang ditahan-tahan, seperti not yang tinggi tapi volume suara Anda kecil. Suara akan bagus jika keluarannya secara spontan dan tidak ditahan-tahan.
2. Tenaga yang kuat
Selain membutuhkan kepercayaan diri, Anda juga harus punya tenaga yang kuat. Bukan cuma otot lengan yang harus dilatih, semua otot-otot perlu dilatih. Jika semua otot-otot terlatih, Anda akan bebas dari suara 'fals' yang nggak disengaja, namun anda masih bisa melakukannya dengan sengaja 'kok. Untuk mengolah tenaga suara anda bisa dilakukan di tempat yang bikin anda tetap percaya diri dimanapun tempatnya asal Anda tetap percaya diri, kalau Saya lebih suka di kamar mandi soalnya teriakan Saya tersamarkan oleh suara air beriak. Dan lebih baik lagi jika Anda melatihnya dengan berteriak sekeras-kerasnya di dalam bak/ember berisi air, sampai-terasa lendir di lidah Anda untuk dibuang.
3. Pintar
Semua orang pintar. Jadi, jika Anda ingin jadi penyanyi harus rajin-rajin mempelajari tentang musik. Yang dibutuhkan biar suara Anda waktu menyanyi adalah kecocokan suara anda dengan musik baik di segi irama/nada maupun tempo. Banyak yang gagal masuk kontes karena suara yang 'sumbang'.
4. Kesehatan
Kesehatan pita suara sangat penting untuk Anda yang menginginkan suara yang bagus, suara juga berpengaruh dengan pola makan. Yang tidak direkomendasikan buat Anda yang ingin punya suara yang bagus adalah tidak berlebihan makan makanan yang berminyak, manis-manisan, minuman dingin/es. Untuk ramuan, Saya lebih memilih menyeduh minuman yang bercampur jahe atau bahkan Saya sesekali memakannya langsung mentah-mentah. Jahe dikenal dapat memperbagus suara, katanya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar