Sabtu, 05 Oktober 2013

Review Gitar



Jika Anda memiliki hobi bermain gitar dan ingin mempelajari kunci not balok dari suatu lagu dengan benar, Guitar Pro adalah salah satu pilihan tepat.
Guitar Pro adalah aplikasi untuk membuat, menyunting, dan mempelajari aransemen suatu lagu yang dilengkapi dengan not balok atau tabulasi. Jika ingin belajar memainkan musik, Anda akan dipandu untuk memainkan tuts-tuts yang harus ditekan pada instrumen musik dengan benar agar mendapatkan ritme serta melodi dari suatu lagu.
Meski menggunakan nama Guitar Pro, aplikasi ini tidak hanya menampilkan not balok bagi gitar, tapi juga mencakup instrumen lain seperti bass, keyboard, piano, drum, bahkan vocal. Semuanya akan ditampilkan dalam bentuk not balok atau tabulasi dengan cukup detail.
Khusus untuk gitar, banyak pilihan konfigurasi yang bisa dipilih sesuai dengan keluaran suara yang bakal dihasilkan. Anda bisa memilih beragam jenis suara yang tersedia, mulai dari akustik hingga elektrik.
Secara default, keluaran suara yang dihasilkan menggunakan format MIDI. Untuk mendapatkan efek suara yang mendekati alat musik aslinya, Anda mesti menambahkan beberapa aplikasi add-on seperti RSE (Realistic Sound Engine) dan juga Soundbank. Add-onini berguna supaya keluaran suara yang dihasilkan bakal mirip dengan suara asli dari instrumen sungguhan.
Sayangnya, untuk mendapatkan kedua add-on tersebut, Anda mesti mengeluarkan biaya tambahan, tidak peduli apakah Anda sudah menggunakan Guitar Pro versi berbayar ataupun demo.
Untuk mulai belajar, pertama-tama Anda harus mencari sendiri dulu tabulasi atau not balok dari suatu lagu. Pasalnya, Guitar Pro tidak menyediakannya dan cuma berperan sebagai sarana pendukung. Anda bisa mencarinya di internet, misalnya di situs Ultimate Guitar Tabs dan Guitar Pro Tabs.
Di situs resmi Guitar Pro sendiri, terdapat tautan ke situs MySongBook yang menawarkan ribuan tabulasi lagu dari berbagai musisi dan genre musik. Di situs ini pun terdapat video tutorial bagi pengguna yang ingin mempelajari lebih jauh feature yang ditawarkan serta cara menggunakan Guitar Pro.
Menariknya, Guitar Pro juga tersedia dalam bentuk aplikasi mobile di platform Android dan iOS. Harganya dimulai dari US$5,29 untuk Android dan US$7,99 untuk iOS.
****
Guitar Pro memiliki feature pendukung yang lengkap bagi Anda yang ingin mempelajari suatu lagu secara instan. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan panduan yang jelas. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda membuat aransemen sebuah lagu.

Spesifikasi
Jenis
Berbayar (US$59,95)
Ukuran instalasi
150,7 MB (Windows)
Situs web
http://www.guitarpro.com/
Sistem operasi
Windows (PC); Android dan iOS (mobile)




Efek Gitar 
Panel ini memungkinkan Anda menambahkan segala macam efek suara gitar pada track tertentu. Anda bisa menyimpan hasil pengaturan efek yang sudah dilakukan hingga 4 variasi efek.





Tuner MIDI 
Tuner MIDI berguna untuk menyetel gitar dengan cara menyamakan nada yang dihasilkan MIDI dengan keluaran suara gitar.


Tampilan Soundboard 
Soundboard menampilkan beberapa instrumen yang sedang dimainkan. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda mengaktifkan, mengatur volume, panorama, dan mengakplikasikanequalizer dari setiap instrumen.


Plus
     : Pengaturan tuning yang lengkap; banyak feature pendukung; kualitas keluaran suara bagus (menggunakan add-on); dilengkapi panduan; tidak hanya menampilkan instrumen gitar.
Minus : Untuk mendapatkan tabulasi suatu lagu, pengguna harus mencari sendiri dari internet; aplikasi add-on berbayar.

Skor Penilaian - Penggunaan    : 4
- Kinerja             : 4,5
- Feature            : 4,25
- Harga              : 3,2
- Skor total         : 4,04

Tidak ada komentar:

Posting Komentar